Resep Masakan Jawa

Resep Masakan Jawa - Indonesia terdiri dari wilayah kepulauan dan salah satunya adalah pulau Jawa, ada Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Masing-masing daerah memiliki masakan khasnya masing-masing yang dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke daerah mereka. Untuk kesempatan kali ini Ngulas.com akan membahas mengenai Resep Masakan Jawa Barat. Wilayah Jawa Barat terbagi menjadi beberapa wilayah dan masing-masing wilayah juga memiliki hidangan khas masing-masing. Namun yang identik dengan masakan Jawa Barat tentu saja anda sudah tidak asing lagi dengan masakan ini, yakni Nasi Tutug Oncom. Seperti yang jelas tertera pada namanya, hidangan ini merupakan nasi yang diaduk bersama oncom goreng atau bakar, yang biasanya di sajikan bersama ayam goreng atau ayam bakar, sambal goreng atau sambal terasi dan lalapan. Hidangan ini memang ciri khas dari sajian khas Sunda. Masyarakat di Jawa Barat sudah tidak asing lagi dengan hidangan ini, bahkan untuk masyarakat pendatang atau wisatawan yang berkunjung juga seringkali mencari hidangan nasi tutug oncom bila berkunjung ke salah satu daerah di Jawa Barat.

Yang unik dari nasi tutug oncom ini adalah nasi yang di masak dengan cara di kukus ke dalam sebuah bambu. Namun saat ini mungkin sudah jarang restoran atau rumah makan khas Sunda yang menyajikan nasi tutug oncom dalam bambu, tetapi rasa oncomnya yang khas tidak pernah tergantikan hingga saat ini sebab itulah ciri khas dari hidangan nasi tutug oncom ini.

Resep Masakan Jawa


Resep Masakan Jawa


Dari cara penyajian nasi tutug oncom juga sangat unik, yaitu disajikan diatas piring yang telah dialasi daun pisang lalu biasanya restoran maupun rumah makan khas Sunda menyediakan meja makan secara lesehan dengan alunan musik Sunda yang sangat khas. Untuk anda yang menyukai hidangan khas Jawa Barat, anda juga bisa membuatnya sendiri dirumah.

Namun jika anda masih bingung bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat masakan Jawa Barat ini, di bawah ini Ngulas.com akan membantu anda membuat nasi tutug oncom sendiri dirumah, sebagai berikut:

Bahan-bahan:
  • Nasi putih hangat
  • 4 siung bawang merah
  • 2 cm kencur
  • 5 buah cabai rawit, sesuai selera
  • 1 papan oncom
  • Garam dan gula pasir secukupnya


Bahan Pelengkap:
  • Lalapan
  • Ikan asin goreng
  • Ayam goreng/bakar, sesuai selera
  • Sambal goreng/terasi, sesuai selera
  • Kerupuk


Cara Membuat Masakan Jawa Nasi Tutug Oncom:
  1. Panggang oncom hingga harum lalu tumbuh kasar. Sisihkan.
  2. Haluskan bawang merah, kencur dan cabai rawit. Lalu campurkan bersama oncom dan aduk hingga rata.
  3. Sangrai oncom di wajan yang telah di panaskan, aduk hingga kering dan merata. Tambahkan garam dan gula pasir secukupnya lalu aduk hingga rata. Angkat.
  4. Campurkan oncom bersama nasi hangat, tumbuk (tutug) hingga semua tercampur rata.
  5. Sajika selangi hangat bersama bahan pelengkap lainnya.


Resep Masakan Jawa


Resep Masakan Jawa Barat seperti diatas cukup mudah untuk dipraktekkan sendiri dirumah. Anda juga bisa mengkreasikan nasi tutug oncom berbentuk seperti kerucut, sesuai selera masing-masing. Sekian ulasan mengenai Resep Masakan Jawa, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan memasak anda.

0 Response to "Resep Masakan Jawa"

Posting Komentar