Resep dan Cara membuat Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur - Indonesia merupakan negara yang memiliki ragam budaya yang berbeda pada tiap-tiap daerah, begitu pula dari segi kuliner khas dari masing-masing daerahnya. Ragam kuliner khas dari masing-masing daerah memiliki cita rasa yang berbeda untuk menarik perhatian masyarakat asli dan wisatawan yang berkunjung. Makanan dan camilan tradisional khas Indonesia sendiri telah terkenal hingga ke beberapa wilayah di Indonesia, salah satunya adalah kue lumpur. Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan salah satu jenis jajanan yang sering ditemukan di pasar ini.

Kue lumpur merupakan camilan yang terbuat dari bahan santan, kentang, tepung terigu dan telur. Mengapa di katakan kue lumpur, sebab kue ini memiliki tekstur lembut dan halus seperti lumpur. Selain terkenal sebagai jajanan pasar, kue lumpur ini juga sering dihidangkan di berbagai acara tradisional, sehingga tidak heran jika camilan ini dikatakan sebagai salah satu jenis dari kue tradisional.

Cara Membuat Kue Lumpur


Resep Kue Lumpur


Selain mudah ditemukan di pasar tradisional atau toko kue, anda juga sebenarnya dapat membuat kudapan kue lumpur ini dirumah. Untuk anda pemula yang masih bingung apa saja Resep Kue Lumpur, anda tidak perlu khawatir sebab di bawah ini Ngulas.com akan membantu anda mempersiapkan bahan dan apa saja yang diperlukan untuk membuat kue lumpur, seperti berikut:

Bahan-bahan:
  • 250 gr kentang yang sebelumnya telah dikukus dan dihaluskan
  • 500 gr tepung terigu
  • 850 ml santan
  • 250 gr margarin, cairkan
  • 4 butir telur ayam
  • 250 gr gula pasir
  • Garam secukupnya
  • 1/2 sdt vanili
  • Daging buah kelapa
  • Kismis secukupnya, sesuai selera


Cara Membuat Kue Lumpur:
  1. Kocok telur, gula dan vanili selama 10 menit hingga merata.
  2. Masukan kentang dan aduk hingga merata.
  3. Masukan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil diaduk hingga merata.
  4. Tuang santan, garam dan margarin cair lalu aduk semua adonan hingga merata.
  5. Siapkan cetakan khusus kue lumpur yang telah dipanaskan dan olesi permukaan cetakan dengan margarin.
  6. Setelah panas, tuang adonan ke dalam cetakan dan masak selama 1-2 menit hingga setengah matang.
  7. Tambahkan parutan kelapa dan kismis ke dalam kue lumpur yang masih setengah matang, lalu masak kembali selama 2-3 menit atau sampai bagian atas kue mulai memadat.
  8. Setelah cukup matang, angkat kue lumpur lalu sajikan diatas piring saji.


Jika anda ingin Resep Kue Lumpur yang anda buat memiliki tekstur lebih lembut, anda dapat menyaring adonan terlebih dahulu sebelum di tuang ke dalam cetakan. Jika anda tidak memiliki cetakan khusus kue lumpur, anda juga dapat membuatnya dengan menggunakan cetakan cup cake dan dipanggang dengan durasi waktu yang sama. Selain itu untuk menambah wangi yang nikmat, anda dapat menambahkan aroma daun pandan pada Resep Kue Lumpur buatan anda

Resep Kue Lumpur


Cara Membuat Kue Lumpur seperti diatas dapat anda praktekkan dengan mudah dirumah, sehingga anda dapat menikmati kudapan kue lumpur kapan saja saat anda inginkan. Sekian ulasan mengenai Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan memasak anda semua.

0 Response to "Resep dan Cara membuat Kue Lumpur"

Posting Komentar